Usai Di PHK, Pria Ini ‘Sulap’ Bunga Telang Jadi Sabun hingga Teh

Usai Di PHK, Pria Ini 'Sulap' Bunga Telang Jadi Sabun hingga Teh

Usai Di PHK, Pria Ini ‘Sulap’ Bunga Telang Jadi Sabun hingga Teh

Usai Di PHK, Pria Ini ‘Sulap’ Bunga Telang maka Sabun hingga Teh – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Salah satunya Danang Ari Krisnadi (27) yang kena PHK dari tempatnya bekerja sejak Maret.
Tak mau meratapi nasibnya, Pria yang sapa Ari ini akhirnya mencoba usaha meracik bunga telang untuk berbagai produk bernilai jual dan ternyata minati pasar.

Menurut informasi dari https://agcsa.org/ Warga RT 3 Dusun Sirat, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul ini menjelaskan awal mula banting stir  pelaku UMKM. Ari menjelaskan awalnya bekerja sebuah percetakan dan menjadi seorang terapis. Namun munculnya pandemi COVID-19 merubah segalanya.
“Saya awalnya kerja percetakan dan terapis tapi bulan Maret terdampak pandemi (COVID-19), karena dampak itu membuat pengurangan pegawai dan salah satunya saya,” ucapnya saat temui kediamannya, Kamis (1/10/2020).

Pemecatan itu, kata Ari membuatnya harus memutar otak untuk mendapat penghasilan. Pasalnya ia sendiri sudah berkeluarga. Akhirnya, ia melihat YouTube tentang pemanfaatan bunga telang menjadi beragam produk. Mengutip dari https://armyants.org/

“Saya belajar otodidak dari YouTube dan Google, terus saya lihat kok pekarangan saya ternyata banyak bunga telang. Nah dari situ saya lalu mencoba memanfaatkannya untuk Teh,” ujarnya.

Danang ari krisnadi sulap bunga telang jadi sabun dan teh

Akhirnya, pada bulan Maret Ari mulai menanam lebih banyak bunga telang dan mulai dapat panen pada bulan April. Selanjutnya ia meminta bantuan keluarganya untuk memproduksi bunga telang menjadi teh dan beragam produk lainnya dengan label kedai herbal Ash Shikhah.
“Karena kan dulu punya tanaman hias, bunga telang, kok nganggur lalu coba kita olah. Ternyata bunga ini penuh khasiat, kita olah, biasanya sirup, tubruk, celup, kita coba untuk sabun (batang) sampo dan hand soap,” katanya.

“Terus dari April mulai produksi, untuk produksinya saya bantu 6 anggota keluarga saya,” imbuh Ari.

Hasil produksinya mulai minati banyak orang. Menurutnya hal itu karena produk teh dari bunga telang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Karena itu ia terus mengembangkan produksinya.

“Teh itu khasiat bisa tingkatkan imun tubuh, turunkan kolesterol, tensi, gula darah hingga asam urat,” ucapnya.

Selanjutnya, untuk mengembangkan usahanya Ari mengikuti seminar terkait pembuatan sabun. Dari seminar itu ia memiliki ide untuk memproduksi beragam sabun dari bunga talang.

“Dulu kan bunga telang untuk pewarna makanan dan minuman terus kita coba produksi sabun dan ternyata bisa. Karena saya dulu ikut seminar pembuatan sabun,” katanya.