Tips Budidaya Terong Ungu

Tips Budidaya Terong Ungu

Tips Budidaya Terong Ungu

Tips Budidaya Terong Ungu – Salah satu jenis sayuran yang masih kerabat dengan leunca (cepokak) dan kentang yaitu Terong atau dalam bahasa latinnya Solanum Melongena yang mana berasal dari India dan Sri Langka. Pada Budidaya terong dapat berproduksi sampai 2 tahun yang mana tanaman terong memiliki produktifitas tinggi apalagi dilingkungan yang beriklim tropis.

Hal ini lah yang menjadikan tanaman sayuran ini prospek yang menguntungkan, dimana harganya pun relatif stabil dan sangat digemari konsumen. Di Negara kita sendiri tanaman jenis sayuran ini dapat dioleh menjadi sayur maupun bahan masakan lainnya.

Terong ungu merupakan tanaman yang tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Di Indonesia, terong ungu digemari untuk diolah untuk menjadi sayur, atau bahan makanan lainnya. Ternyata terong ungu juga bisa dibuat jadi obat – obatan.

Ada beberapa cara menanam terong atau budidaya terong ini, antara lain yaitu:

Memilih Bibit Terong

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memilih bibit terong yang berkualitas dan unggul. Tentu sekarang ini tidak perlu repot-repot untuk mencari, Anda dapat membelinya ditoko tanaman atau yang menjual berbagai macam bibit terong.

Menyiapkan Media Tanam

Apabila Anda menghendaki tanaman terong yang berbuah lebat, baik pertumbuhannya dan berkualitas. Tentu Anda harus mempersiapkan media tanam yang baik pula.

Menyemai Benih Terong

Setelah pemilihan jenis bibit dan media tanam siap, langkah berikutnya yaitu menyemai benih terong.

Memindahkan Tanaman ke Media Tanam yang lebih besar

Dalam hal ini dapat Anda lakukan pada saat persemaian bibit terong berumur 25 hari atau sekitar 1 bulan kurang. Kemudian pilih bibit yang sehat dan bagus dengan tanda atau ciri yang mempunyai daun yang segar serta hiaju dan vikor yang kuat.

Setelah daun yang keluar berjumlah 4 helai daun, selanjutnya pindahkan ke media tanam yang sudah Anda persiapkan.

Memelihara Terong

Selanjutnya hal yang penting lainnya yaitu pemeliharaan dan perwatan tanaman terong.

Waktu dan Cara Panen Buah Terong

Pada budidaya tanaman terong dapat mulai dipanen sekitar umur 80 hari setelah penanaman. Anda dapat memilih buah terong yang sudah berumur, yang mana pemanenan ini dapat dilakukan pada 3 hari sekali.

Dalam pemanenan dapat menggunakan gunting yang dipotong beserta tangkai pada buahnya. Setelah pemotongan Anda dapat menyortir buah terong sebelum melakukan pengiriman ke konsumen.