Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat

Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat

Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat

Sayuran Dipanen dalam Waktu Singkat – Berkebun kini menjadi tren. Banyak orang menjadikan kegiatan bercocok tanam sebagai gaya hidup. Berkebun itu mudah, hanya saja butuh kesabaran dalam menjalani proses untuk memanen hasilnya. Kendala bagi pekebun baru adalah ketidasabaran menunggu prosesnya. Nah, untuk memangkas waktu, Moms bisa mensiasati dengan menanam jenis sayuran yang cepat tumbuh dan dapat dipanen dalam waktu 30 hari.

Meski masih banyak orang yang nggak suka sayuran, faktanya, jenis asupan ini punya kandungan serat yang tinggi, juga vitamin dan mineral. Maka nggak heran kalau sayuran hijau jadi salah satu jenis makanan yang sering direkomendasikan untuk mendukung gaya hidup sehat.

Masalahnya, mengolah sayuran jadi masakan setiap hari kadang bisa merepotkan. Pasalnya, kamu harus bolak-balik ke pasar agar mendapatkan sayuran yang segar. Nah, biar nggak repot untuk mendapatkan sayuran organik, kamu bisa kok menanam sendiri sayuran di rumah.

Wortel

Menanam wortel perlu waktu. Jika kamu punya waktu 30 hari saja untuk memanen tanaman, baby carrot bisa kamu dapatkan. Wortel yang masih imut dan muda enak kan dibuat sebagai side dish dari makan steak bikinan sendiri. Gak perlu repot untuk memotongnya dan rasanya lebih manis.

Tanam biji wortel di dalam tanah, dan siram secara rutin. Kalau kamu ragu untuk langsung menanamnya di dalam tanah, kamu bisa merendam terlebih dahulu bijinya. Lalu baru tanam ke dalam tanah. Bisa juga ke dalam gelas plastik bekas air mineral.

Daun bawang

Kamu bisa menanamnya di dalam tanah ataupun di air. Bisa menanam dari sisa memasakmu terdahulu, lho. Daun bawang akan tumbuh subur jika kebutuhan airnya terpenuhi. Hindarkan daun bawang dari sengatan matahari langsung agar tumbuh sehat dan subur serta gak ‘gosong’. Tiga sampai empat minggu kemudian, kamu sudah bisa memanen daun bawang untuk memasak.

Selada

Membayangkan enaknya daun selada segar yang crunchy dipanen dari kebun sendiri. Kamu bisa menanam selada dari sisa batangnya. Tumbuhkan di dalam air terlebih dahulu atau langsung menanamnya langsung di dalam tanah. Tanaman selada juga fleksibel kok, dia bisa ditanam secara konvensional atau hidroponik. Tinggal pilih yang paling mudah menurutmu. Sekitar 30 hari, selada bisa dipetik daunnya.

Kangkung

Sayuran yang satu ini juga bisa dipanen dalam waktu 30 hari, lho. Kebayang gak sih segarnya kangkung yang dipetik langsung dari hasil tanam sendiri? Tanam biji kangkung ke dalam tanah, siram dan tunggu hingga 30 hari ke depan. Ingat, jika sudah tumbuh daun, siram secara rutin ya. Karena tanaman kangkung suka banget dengan air.

Bayam

Menanam bayam mulai dari biji ternyata gak butuh waktu yang lama banget. Sekitar 4-5 minggu kamu bisa memanennya. Tanam biji bayam di dalam tanah, pot, atau polybag, siram secara rutin dan tunggu hingga tumbuh besar. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan bisa memanen daun bayam segar langsung dari kebunmu.