Salurkan Bantuan BLT ke Nelayan, Mensos Temui Menko Luhut

Salurkan Bantuan BLT ke Nelayan, Mensos Temui Menko Luhut

Mensos Temui Menko Luhut

Mensos Temui Menko LuhutMenteri Sosial Juliarl Batubara mendatangi kantor Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pertemuan tersebut, Juliari berkoordinasi dengan Luhut terkait bantuan langsung tunai (BLT) bagi nelayan.

Baca juga : Pada Kuartal I 2020 Jasa Marga Catat Laba Bersih Rp 588 M

“Prinsipnya beliau (Luhut) menyerahkan keputusan kepada Kementerian Sosial,” kata Juliari di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (11/6).

Juliari mengatakan sebelumnya dia telah berkoordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Sebab hal ini terkait dengan skema yang telah berjalan di Kementerian Sosial.

Sementara pendataan terkait nelayan yang akan menerima bantuan dari pemerintah berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Cleansing datanya yang kami terima dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” kata Juliari.

Juliari mengatakan tidak menetapkan target penambahan penerima BLT. Sebanyak 9 juta warga yang ada saat ini belum tentu akan bertambah atau berkurang hingga Desember 2020 mendatang.

“Tapi kan mungkin dari 9 juta yang sekarang itu lanjut sampai Desember,” kata dia.

Perbaikan Data

Dia menambahkan mungkin nanti akan ada perbaikan data. Baik itu penghapusan bisa data atau yang lainnya. Dari ini nanti bisa dialihkan ke untuk nelayan atau yang lainnya,”

“Kita alihkan ke tempat lain apakah itu nanti mungkin ke nelayan,” kata Juliari mengakhiri.

Harga Minyak Menanjak, BBM Sulit Terjun

Harga minyak terus menguat dalam beberapa waktu terakhir. Seperti di Amerika Serikat (AS), dimana minyak mentah jenis Brent naik 34 sen menjadi USD 41,52 per barel, dan West Texas Intermediate meninggi 66 sen (1,7 persen) menjadi USD 39,60 per barel.

Berbagai kenaikan tersebut didorong oleh harapan akan kebangkitan perekonomian dunia dari pandemi virus corona (Covid-19) yang menghancurkan harga bensin, diesel, dan bahan bakar jet.

Lantas, apakah kenaikan harga minyak tersebut akan membuat harga bahan bakar minyak (BBM) di Tanah Air menjadi semakin sulit turun dalam waktu dekat?

Koordinator Koalisi Masyarakat Penggugat Harga BBM sekaligus Pengamat Energi Marwan Batubara menjelaskan, kenaikan harga minyak saat ini baru akan jadi perhitungan untuk penetapan harga BBM satu sampai dua bulan kemudian.