Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost

Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost

Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost

Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost, – Kebanyakan anak muda sekarang merantau ke kota lain demi menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau untuk merintis karier yang lebih menjanjikan. Perantau muda tersebut kebanyakan tinggal di kost-kostan.

Nah, kebiasaan buruk anak kost adalah tidak mengatur keuangannya dengan baik. Boros di awal bulan dan seret di akhir bulan, deh. Memang benar, mengelola uang jajan sendiri itu tidak mudah. Tapi, tetap patut dicoba agar keuangan jadi lebih baik, kan? Berikut ini rangkum beberapa tips mengelola uang jajan untuk anak kost.

Mengatur uang jajan harian

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur uang jajan harianmu. Gunakan uang secukupnya, atau beri jatah harian untuk dirimu sendiri. Jangan simpan uang terlalu banyak di dompet agar tidak kelewat boros. Lakukan setiap hari ya! Biar jadi kebiasaan baik dan uang jajan tetap aman.

Bawa air minum dari kost

Membiasakan hal kecil seperti ini juga menguntungkan banget lho. Kalau ke mana pun selalu membawa air minum sendiri, kamu tidak akan membeli lagi di kios, kantin, atau minimarket. Meski sebotol air mineral itu terbilang murah, tapi alangkah lebih baik kalau uangnya digunakan untuk hal lain yang lebih dibutuhkan, kan?

Memasak di kost

Biasanya uang jajan anak kost akan cepat habis karena sering makan di luar. Membeli makanan di luar memang lebih mudah dan cepat dibanding harus memasak dulu. Tapi ingatlah, pengeluaran tidak ada habisnya kalau kamu selalu membeli makanan di luar. Coba kamu browsing resep berbagai masakan di internet dan mulailah memasak! Biaya membeli bahan makanan sehari tentu lebih murah dibandingkan membeli seporsi makanan sekali makan saja.

Menabung di celengan

Kebiasaan menabung pasti sudah diajarkan orangtua dan guru sejak kecil, kan? Tapi, hal simpel ini begitu sulit dilakukan. Kuncinya cuma satu, konsisten untuk mengisi celenganmu! Coba saja mulai awal bulan, kamu sisihkan seribu rupiah per hari. Di akhir bulan, kamu gak akan kehabisan uang dan masih punya simpanan Rp30 ribu. Lumayan banget, kan?

Bekerja part time

Kalau pengin menambah uang jajan, coba kamu daftar kerja part time sesuai bidang yang diminati. Kalau kamu suka nulis, jadilah penulis lepas. Jadilah freelance model kalau kamu harus kuliah, tapi juga tertarik di dunia modeling. Lumayan untuk nambah uang jajan nih!

Batasi kegiatan yang mengeluarkan banyak uang

Jauh dari pengawasan orangtua, anak kost biasanya lebih sering keluar rumah bersama teman-temannya. Semakin sering jalan bareng temanmu, semakin sering pula uang keluar dari dompet. Nonton, karaoke, atau nongkrong keseringan itu bikin uang jajan seret. Maka dari itu, kurang-kurangin ya!

Jangan membeli hal yang tidak diperlukan

Tanamkan dalam dirimu untuk menggunakan uang seperlunya. Jangan membeli barang-barang yang kamu inginkan semata, tapi prioritaskan barang yang memang kamu butuhkan. Mempertimbangkan apa yang harus kamu beli itu penting banget!

Makan di tempat yang harganya terjangkau

Lagi malas masak dan pengin makan di luar kost? Boleh kok sekali-sekali makan di luar. Tapi, jangan memilih tempat yang fancy ya. Makan di tempat yang harganya terjangkau akan membantumu berhemat. Tetap pilih tempat makan yang bersih ya, supaya kesehatanmu juga terjaga.

***

Beberapa tips mengelola uang jajan tersebut bisa kamu terapkan sehari-hari, mulai dari sekarang. Awalnya memang sulit, tapi akan jadi mudah kalau kamu sudah terbiasa. Semangat dan jangan lupa menabung ya!