Jack Ma Bukan Menjadi Orang Terkaya Lagi

Jack Ma Bukan Menjadi Orang Terkaya Lagi

Jack Ma Bukan Menjadi Orang Terkaya di China Lagi

Jack Ma Bukan Menjadi Orang Terkaya Lagi – Colin Huang menemukan dan CEO e-commerce China, Pinduoduo, didapuk sebagai orang terkaya kedua di China. Posisi Colin Huang ini malah menggeser posisi pendiri Alibaba, Jack Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index menyetujui kekayaan Huang saat ini mencapai US $ 45,4 miliar.

Saham Pinduoduo yang dipimpin Huang naik 6 persen ke level tertinggi, yakni USD 87,58 di perdagangan Nasdaq pada Jumat.

Pria membayar 40 tahun ini kini memiliki kekayaan USD 45,4 miliar. Hanya kalah dari CEO Tencent Holdings Ma Huateng (Pony Ma) yang diperkirakan bernilai USD 51,5 miliar.

Menurut laporan Forbes, Rabu. Lonjakan saham Pinduoduo yang mencapai lebih dari 300 persen pada tahun lalu telah membuat Huang yang juga mantan teknisi Google. Mempersempit jarak kekayaannya dengan pendiri Google Larry Page (USD 64,3 miliar) dan Sergey Brin (USD 62,6 miliar).

Pandemi virus corona (Covid-19) ternyata memunculkan banyak miliarder baru dari sektor e-commerce di China. Persaingan antar pengusaha juga semakin ketat, di mana mereka saling berkompetisi untuk menjadi terkaya di Tiongkok.

Seperti yang diterima oleh Grup Alibaba, Jack Ma, yang kini tak lagi duduk sebagai orang terkaya kedua di China. Menurut laporan Forbes Billionaire Real-Time, posisinya tergeser oleh miliarder e-commerce asal Shanghai yang juga pendiri platform digital Pinduoduo, Colin Huang.

Kekayaan Huang ini berada di bawah orang terkaya China saat ini, yaitu CEO Tencent Holdings Ma Huateng alias Pony Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index menyebut kekyaan Pony Ma saat ini diperkirakan mencapi US $ 51,5 miliar.

Kenaikan nilai saham itu otomatis menambah pundi-pundi harga Huang yang sekarang naik 40 tahun menjadi US $ 45,4 miliar.

Melansir Forbes, posisi Jack Ma kini menjadi orang terkaya ketiga di China. Jack Ma sendiri mundur dari Alibaba untuk fokus pada filantropi. Ia memiliki kekayaan sebesar US $ 43,9 miliar.

Peningkatan lebih dari 300 persen saham Pinduoduo pada tahun yang lalu telah semakin mendekatkan kekayaan dengan Google. Huang sendiri sebelumnya adalah mantan insinyur Google.

Huang telah membangun Xinyoudi Studi

Pendiri Google Larry Page Memiliki kekayaan US $ 64,3 miliar dan Sergey Brin sebesar 62,6 miliar. Meski kalah dari kedua sosok itu, Huang jauh mengungguli kekayaan mantan Direktur Google Eric Schmidt yang memiliki kekayaan US $ 15,1 miliar.

Sejak tahun 2015, Pinduoduo telah menjadi salah satu bisnis terbesar di China, dengan pasar sebesar US $ 104 miliar. Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang mendirikan Xinyoudi Studio untuk mengembangkan dan menjalankan game online dan Ouku.com.

Dia juga telah melewati Bos Google Eric Schmidt yang memiliki aset sekitar USD 15,1 miliar. Pinduoduo yang terlahir pada 2015 dalam waktu singkat telah berhasil menjadi salah satu bisnis ritel online terbesar di China, dengan nilai kapitalisasi pasar senilai USD 104 miliar.

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang telah membangun Xinyoudi Studio untuk mengembangkan dan mengoperasikan game online. Serta Ouku.com, sebuah platform online untuk konsumen elektronik dan peralatan rumah tangga.

Huang memulai karirnya di markas besar Google di Amerika Serikat (AS) pada 2004. Kemudian pindah ke China sebagai bagian dari tim yang memulai Google China

Selain itu, Huang juga melakukan penelitian dan mempresentasikan karyanya di konferensi internasional seperti ACM SIGMOD. Konferensi dan Konferensi Internasional tentang Pembelajaran Mesin.

Semasa kuliah, Huang mengenyam pendidikan dan meraih gelar sarjana gelar magister di bidang Komputer di Universitas Wisconsin-Madison.

Kenaikan kekayaan Colin Huang ini mendukung dari kenaikan saham Pinduoduo yang dipimpin Huang. Saham Pinduoduo naik 6 persen ke tingkat tertinggi sepanjang masa, yaitu US $ 87,58 di perdagangan Nasdaq, Jumat.