Cara Negosiasi Agar Capai Kesepakatan

Cara Negosiasi Agar Capai Kesepakatan

Cara Negosiasi Agar Capai Kesepakatan

Cara Negosiasi Agar Capai Kesepakatan, – Sebagai seorang pelaku bisnis, menjalin kerjasama dengan berbagai tipe orang yang berbeda merupakan suatu keharusan dan tidak dapat dihindari. Ya, demi bisnis yang dijalankan dapat berkembang lebih cepat, Anda perlu menjalin kerjasama dengan sebanyak mungkin klien atau partner.

Dilansir dari http://jeoleuro.com, terdapat lima tips yang dapat digunakan agar negosiasi mencapai kesepakatan yang sesuai keinginan. Simak informasinya berikut!

1. Selangkah lebih maju

Selangkah lebih maju yang dimaksudkan di sini adalah sikap seorang negosiator yang tidak mudah mengalah kepada lawan bicara apabila hasil negosiasi dapat menimbulkan kerugian.

Selain itu, negosiator juga perlu menunjukkan sikap bahwa telah memiliki alternatif lain apabila negosiasi tersebut tidak menemukan kesepakatan. Dengan begitu, lawan bicara akan merasa segan dan berusaha menyesuaikan dengan keinginan anda.

2. Mengulur waktu

Mengulur waktu negosiasi diperlukan agar lawan bicara merasa terdesak dan akan mengalah demi mendapatkan jawaban. Tips ini bisa dilakukan dengan menunda untuk memberikan jawaban kepada lawan bicara.

Tapi perlu di ingat tips ini dapat pula berakibat buruk, sehingga negosiator harus mempertimbangkan dengan baik apakah langkah ini diperlukan atau tidak.

3. Naik dan turun

Bak berdagang, negosiasi adalah proses tawar-menawar agar dapat mencapai kesepakatan. Saat ingin menuntut sesuatu kepada lawan bicara, cobalah sampaikan penawaran lebih tinggi daripada yang anda inginkan.

Jika lawan bicara merasa penawaran tersebut terlalu tinggi, negosiator bisa mengalah sedikit demi sedikit hingga mencapai kesepakatan yang memang diinginkan sejak awal.

4. Bukan seorang juru kunci

Sampaikan kepada lawan bicara bahwa anda bukanlah orang yang dapat memberi keputusan untuk mengulur waktu. Sampaikan pula keuntungan yang di peroleh jika negosiasi tersebut disepakati agar lawan bicara terdesak untuk mengalah dan memperoleh keputusan.

Ketidakpastian ini membuat lawan bicara merasa perlu untuk segera mengambil keputusan. Sebab, semakin lama negosiasi akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

5. Berpikir positif

Setelah mencapai kesepakatan, akhirilah negosiasi dengan berpikir positif. Bersyukur atas keputusan yang telah ada agar selanjutnya bisa memperoleh lebih banyak lagi keuntungan dalam hidup.

Jika tidak terbiasa, mungkin negosiasi akan terasa sulit. Terapkan tips di atas mulai dari tahapan negosiasi paling kecil dalam hidupmu. Misalnya saja untuk bernegosiasi tentang tujuan liburan yang akan diadakan oleh keluargamu. Mau coba aplikasikan tipsnya?