Cara Menanam Labu Siam Di Dalam Pot

Cara Menanam Labu Siam Di Dalam Pot

Cara Menanam Labu Siam Di Dalam Pot

Cara Menanam Labu Siam Di Dalam Pot – Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Biasanya sayuran yang satu ini dijadikan sebagai bahan membuat sayur atau bisa juga dijadikan sebagai lalapan untuk menemani sambal.

Dan untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa tahapan dan langkah yang perlu Anda lakukan untuk menanam labu siam ini.

Pembibitan

Untuk pembibitan, Anda perlu menyiapkan sebuah polybag kecil lalu isi dengan tanah yang lembab. Sesudah itu itu, benih bisa langsung dibenamkan di dalam polybag berisi tanah tersebut.

Anda bisa memakai biji labu siam yang sudah tua sebagai benihnya. Setelah dibenamkan, siram dengan air secukupnya lalu biarkan sampai benih tumbuh menjadi kecambah atau tunas baru.

Ketika kecambah atau tunas itu sudah tumbuh hingga 30 cm lebih, maka bibit sudah siap untuk ditanam.

Penanaman Dan Perawatan

Memasuki tahap penanaman, siapkan sebuah pot berukuran besar lalu isi dengan tanah yang bagus. Buatlah lubang sebesar 40 cm x 40 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm.

Kemudian pindahkan bibit labu siam ke dalam lubang tersebut.

Penyiangan

Penyiangan adalah perawatan tanaman dengan cara membersihkan dan membuang langsung gulma ataupun rumput liar yang ada di sekitar tanaman.

Penyiangan ini akan sangat penting dalam mencegah hama atau penyakit tanaman.

Penyiraman dan Pengarahan Sulur

Lakukan juga penyiraman secara rutin. Jangan sampai tanaman kekeringan sebab tidak tercukupi asupan airnya.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada bagian cabang tanaman ketika usianya sudah memasuki 3 hingga 6 minggu. Caranya, ujung cabang yang telah tua dipotong beserta daun-daun yang telah tua.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Biasnya ada sejumlah hama dan jenis penyakit tanaman yang biasanya menyerang tanaman labu siam. Hama dan penyakit tersebut diantaranya adalah :

  • Ulat Grayak

Ulat grayak adlah jenis hama yang sangat sering menyerang tanaman labu siam.

Ulat yang mempunyai nama latin Spodoptera Litura ini biasanya akan memakan daun labu sehingga hanya tertinggal tulang dari daunnya saja.

  • Kepik

Hama selanjutnya yang sering menyerang tanaman labu ialah kepik atau nama latinnya adalah Leptoglossus australis.

Cara penyerangan hama yang satu ini ialah dengan menusuk buah labu sehingga ada lubang kecil yang bisa dimasuki cendawan ketika terguyur air hujan.

  • Tanaman Layu

Selain hama, labu siam juga bisa juga diserang penyakit tanaman. Penyakit layu adalah contohnya.

Penyakit layu ini biasanya dikarenakan oleh cendawan fusarium sp yang menyerang bibit baru atau tanaman labu siam yang masih cenderung muda.

Pemanenan

Setelah beberapa tahap penanaman dan perawatan serta pengendalian hama dari tanaman labu siam, kini Anda memasuki tahap pemanenan.

Biasanya, labu siam ini akan siap dipanen tahap pertama pada usianya yang mencapai 3 hingga 5 bulan setelah penanaman.