Beberapa Hutan Paling Indah di Dunia

Beberapa Hutan Paling Indah di Dunia

Beberapa Hutan Paling Indah di Dunia

Beberapa Hutan Paling Indah di Dunia – Dari sekian banyak pilihan liburan, animo wisata ke hutan masih kalah dibandingkan lainnya. Selain memerlukan energi yang lebih besar, seringkali medannya lebih sulit dan butuh persiapan yang tak main-main.

Meski begitu, berwisata ke hutan bukan suatu pilihan yang buruk. Bahkan beberapa tempat memiliki keunikan yang tak biasa, sehingga kamu harus ke sana sekali dalam hidupmu. Melansir dari thisisinsider.com, inilah 10 wisata hutan tesrbaik.

1. Black Forest – Jerman

Bukan hanya arsitekturnya saja yang cantik, Jerman juga mempunyai hutan cantik di Baden-Württemberg. Hutan seluas 7.500 kilometer ini mempunyai perpaduan lengkap yang terdiri dari lanskap alam, pedesaan, air terjun, dan kastil.

Sayangnya di balik keindahannya tersebut, Black Forest lebih dikenal sebagai salah satu hutan paling menyeramkan di dunia. Pasalnya mulai pukul 14.00-08.00, hutan benar-benar gelap gulita.

2. Taman Nasional Tijuca – Brazil

Taman nasional Tijuca berada di Rio de Janeiro yang mempunyai area seluas 3.200 hektare. Inilah taman nasional pertama di dunia yang dijadikan proyek reboisasi besar-besaran. Awalnya, kawasan hutan yang berada di bawah landmark  Patung Kristus Penebus ini merupakan kawasan industrial.

Menariknya dari Taman Nasional Tijuca, kamu bisa berkeliling menggunakan mobil atau kendaraan yang disediakan pengelola. Selain flora dan fauna, kamu bisa menemukan beberapa air terjun indah, seperti Cascatinha de Taunay, Cascata Gabriela, dan Cascata Diamantina.

3. Cagar Alam Tsingy de Bemaraha – Madagaskar

Sebagai pulau terbesar ke-4 di dunia, Madagaskar mempunyai cagar alam yang sangat memukau. Cagar alamnya dekat dengan pantai barat Madagaskar, berada di kawasan Melaky.

Tempat ini mempunyai keunikan geografi yang memadukan hutan bakau dengan populasi lemur, serta burung liar. Saking menawannya, Cagar Alam Tsingy de Bemaraha sudah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1990.

4. Hutan Bambu Sagano – Jepang

Hutan bambu di Kyoto, Jepang, ini tentu sudah gak asing lagi di telinga kita. Salah satu tempat paling populer di Kyoto ini tampak sangat asri dan fotogenik. Bahkan untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu tidak perlu membayar tiket.

Di samping hutannya yang masih sangat asri, kamu juga bisa menemukan kuil yang kerap digunakan untuk berdoa. Beragam souvenir dan kuliner juga menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya dibanderol mulai Rp 12-36 ribu.

5. Hutan Monteverde – Costa Rica

Tempat ini merupakan salah satu habitat paling langka di bumi. Hutan seluas 26 ribu hektare ini mempunyai ribuan spesies tumbuhan dan hewan langka. Ada pula hewan khas Costa Rica, seperti monyet, katak pohon, dan hering raja.

Sebagai tempat wisata, hutan ini telah mempunyai banyak fasilitas, seperti outbond, toko, halte bus, restoran, hotel, dan sebagainya.

6. Taman Nasional Sequoia – Amerika Serikat

Kawasan hutan yang berada di California ini mempunyai pohon raksasa terbesar di dunia. Maskotnya bernama “General Sherman”, sebuah pohon yang berusia lebih dari 2.000 tahun. Tingginya mencapai 83,3 meter dan diameternya sekitar 11,1 meter, dibutuhkan enam orang untuk melingkari pohon tersebut.

Taman nasional ini sudah dilengkapi area kemah, museum, dan restoran. Tersedia pula shuttle bus yang dikenakan biaya sekitar 15 dollar AS atau sekitar Rp 208 ribu.

7. Hutan Otzarreta – Spanyol

Hutan yang terletak di Basque, Spanyol, ini merupakan bagian dari taman nasional Gorbeia. Kawasan ini dianggap cukup misterius, terkadang kabut tebal menyelimuti hutan Otzarreta secara tiba-tiba. Pohon-pohonnya begitu besar dengan berbagai bentuk yang unik.

8. Taman Nasional The Great Trossachs – Inggris

Taman nasional di Skotlandia ini berada di sepanjang Bonnie Banks o’ Loch Lomond. Sebuah lokasi yang dijadikan kawasan konservasi skala besar yang terus berkembang hingga saat ini.

9. Taman Nasional Tanjung Puting – Indonesia

Meski tak ada dalam daftar dari thisisinsider.com sebagai hutan terindah, Indonesia memiliki banyak hutan yang menakjubkan. Salah satunya Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Tanjung Puting sering disebut sebagai Amazon-nya Indonesia.

Habitatnya yang sangat mendukung menjadikan taman nasional tersebut dianggap daerah paling penting di Asia Tenggara. Tempat yang sangat pas untuk pelestarian primata, burung, reptil, dan ikan. Salah satu primadonanya adalah orang utan.

10. Hutan Hallerbos – Belgia

Bak dalam dunia dongeng, hutan Hallerbos ini sangat menakjubkan ketika musim semi. Jika di Jepang muncul bunga sakura, kawasan hutan Hallerbos di Belgia akan dipenuhi bunga bluebells (si lonceng biru).  Datanglah lebih awal atau hindari long weekend untuk bisa puas berlibur ke sini.