10 Kosakata Bahasa Korea yang Mendunia

10 Kosakata Bahasa Korea yang Mendunia

10 Kosakata Bahasa Korea yang Mendunia

10 Kosakata Bahasa Korea yang Mendunia – Hallyu atau Korean wave telah menjadi populer hampir di seluruh dunia. Kehadiran Hallyu banyak mempengaruhi kehidupan dunia masa kini dengan menariknya musik, hiburan, drama, budaya, dan makanan Korea.

Melansir dari laman http://utowndc.com/ ini sepuluh kata bahasa Korea yang sering digunakan di hidup sehari-hari tanpa kamu sadari bahkan tidak perlu diartikan, banyak orang sudah mengetahui definisinya. Yuk, cek kalau kamu sering pakai kosakata ini.

1. Mukbang

Mukbang adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas makan yang disiarkan secara langsung atau ditayangkan online. Asal kata mukbang sendiri adalah dari kata “Meoknun” ( 먹는) yang artinya makan dan “bangsong” (방송) yang artinya siaran.

Namun siapa sangka, aktivitas makan makanan dalam porsi tertentu yang pada umumnya jarang diperlihatkan menjadi istilah mendunia setelah banyak orang Korea melakukannya. Menonton orang yang sedang makan atau mukbang menjadi hal yang tidak aneh lagi. Siapa yang suka makan sambil nonton mukbang

2. Aegyo

Aegyo ini memiliki arti ekspresi imut atau cute. Istilah aegyo juga banyak dipopulerkan oleh K-Idol dengan memberikan mimik wajah lucu, suara imut, atau gerakan-gerakan yang bikin gemes.

3. Aigoo

Namun Aigoo adalah ekspresi orang Korea ketika mengeluh, menanggapi kejutan, kaget, panik atau situasi yang mengecewakan dan di luar harapan. Ungkapan aigoo ini juga mirip artinya saat mengucapkan ‘ya ampun, astaga, aduh’.

4. Oppa

Kata oppa juga sering digunakan untuk memanggil sapaan dari seorang wanita atau perempuan kepada laki-laki atau pria. Umumnya, sapaan oppa ini mirip dengan arti ‘Bang, Mas, Kak’ untuk laki-laki yang lebih tua atau dihormati.

5. Saranghae

Saranghae sering digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang lain karena arti dari saranghae sendiri adalah cinta. Sering coba menggunakan kosakata saranghae gak nih?

6. Ottoke

Ottoke adalah ekspresi jika sedang dalam masalah atau situasi yang terjadi di luar harapan. Kosakata ini sama artinya dengan ungkapan, ‘apa yang harus dilakukan nih atau ’gimana ini’.

7. Annyeong

Sapaan annyeong pasti sudah tidak asing lagi untuk para penggemar Korean wave. Annyeong sering kali diucapkan untuk menyapa ‘halo’ ataupun juga sapaan kepada seseorang.

8. Kimchi

Kata kimchi sudah mendunia karena dikenal sebagai makanan khas Korea. Orang-orang juga banyak menggunakan kata kimchi sebagai ajakan senyum saat berfoto. Sering dengar kan?

9. Kamsahamnida

Mengucapkan terima kasih sering diucapkan dengan ungkapan kamsahamnida. Kamsahamnida juga sudah menjadi populer sebagai salah satu kata yang wajib dihapalkan saat berkunjung ke Korea Selatan atau berbicara dengan orang Korea. Kosakata ini menjadi mendunia sejak Hallyu mulai merambah di berbagai sektor.

10. Daebak

Daebak adalah kosakata yang sering digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum, keren, hebat, wow atau luar biasa. Kosakata ini juga biasa dipakai untuk mengapresiasi sesuatu.