Tips Berkebun Bersama Anak

Tips Berkebun Bersama Anak – Untuk memperkuat bonding bersama anak, kita bisa merancang kegiatan seru bersama mereka. Salah satunya adalah dengan berkebun.

413f9882be39 - Tips Berkebun Bersama Anak

Gak terlalu sulit kok, kamu bisa ikuti tips di bawah ini agar aktivitas berkebun keluarga kecilmu terasa mudah dan menyenangkan.

1. Beri kepercayaan kepada anak untuk berkontribusi secara langsung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberikan rasa kepercayaan kepada anak untuk berkontribusi langsung. Mengkutip dari http://agcsa.org/ Ini bisa dimulai dengan memberikan mereka ruang sendiri untuk menanam hal yang mereka sukai di kebun. Hal ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab pada pribadi anak.

2. Mulai dari menanam hal yang sederhana

Kamu bisa mengarahkan anak untuk memulai dari sesuatu yang sederhana. Mulai dari sesuatu yang bisa ditanam di pot kecil sampai di tanah yang lebih luas.

Ajari mereka perlahan-lahan bagaimana merawat dan juga menjaga tanaman tersebut dari hal yang mendasar. Area tanam yang terlalu luas atau tanaman yang terlalu sulit diurus, mungkin akan membuat mereka kewalahan.

3. Tanam tumbuhan yang bisa dikonsumsi, lalu olah dan nikmati bersama mereka

Salah satu trik terpenting yang bisa kamu ikuti adalah menanam sesuatu yang mereka bisa konsumsi. Mulai dari sayur mayur sampai buah-buahan. Setelah tanaman tersebut bisa diolah, kamu bisa mengajak anak untuk memasaknya bersama-sama. Kemudian, hidangkanlah hasil masakan kalian bersama keluarga.

Menurut http://94.237.65.201/ Tips ini bisa membuat anak lebih menghargai makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, mereka pun akan merasa bangga dan percaya diri karena jerih payahnya telah berbuah manis.

4. Biarkan anak bermain dengan serangga atau binatang yang muncul di kebun

Beberapa jenis tanaman bisa menarik perhatian serangga atau pun binatang tertentu. Mulai dari ulat sampai kupu-kupu. Biarkan anak berinteraksi langsung dengan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak untuk membuat DIY bird feeder sehingga kebun kalian bisa didatangi oleh burung. Rasa kreativitas dan jiwa penyayang pada diri anak pun tumbuh.

5. Hias kebun bersama anak dengan barang daur ulang

Agar anak tetap merasa tertarik setiap hari untuk mengunjungi kebun, kamu bisa mengajak mereka untuk menghiasnya bersama-sama. Gunakan barang-barang daur ulang dan cari juga inspirasinya di internet, mulai dari papan penunjuk nama tanaman sampai alat berkebun. Biarkan si kecil berkreasi dengan bebas.