Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Mengatasi Anxiety Disorder

Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Mengatasi Anxiety Disorder – Merasakan cemas memang hal yang normal dan sering dialami semua orang, namun ketika kecemasan menjadi terlalu berlebihan dan terjadi secara terus menerus, itu bisa saja merupakan gangguan kesehatan mental yang bernama anxiety disorder.

Selain merasakan kecemasan berlebih, penderita anxiety disorder biasanya juga memiliki rasa khawatir dan takut yang tidak beralasan.

Beberapa hal diketahui bisa menjadi penyebab seseorang terkena anxiety disorder, seperti karena stres, kondisi fisik yang terlalu lelah, dan ketidakseimbangan kadar kimiawi di dalam tubuh.

Gangguan kesehatan mental ini sebaiknya harus segera diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan jika sudah pada tahap serius, dapat mengakibatkan insomnia, depresi hingga keinginan untuk bunuh diri.

Jika kamu terkena anxiety disorder, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi anxiety disorder. Cara sederhana ini bisa rutin kamu lakukan agar hati dan pikiran menjadi tenang sehingga kecemasan tak mudah datang. Apa saja cara sederhana tersebut thecomixverse.com :

illustration of woman hands to face thoughts as chaotic scribbles 768 - Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Mengatasi Anxiety Disorder

1. Merendam kaki dengan air hangat

Setelah lelah beraktivitas seharian, kamu dapat merendam kaki dengan air hangat untuk membuat otot menjadi lebih rileks. Selain itu merendam kaki dengan air hangat juga dapat memberikan efek relaksasi yang bisa meredakan ketegangan pikiran dan juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Jadi sempatkan dirimu pada malam hari untuk bersantai sambil merendam kaki dengan air hangat. Agar terasa lebih menyenangkan, kamu bisa sembari menikmati secangkir cokelat hangat. Hal tersebut dapat membantumu merasa lebih nyaman, dan melupakan tekanan kehidupan yang bisa memicu stres.

2. Rutin olahraga

Salah satu penyebab datangnya kecemasan yang berlebihan adalah kondisi fisik yang tak prima sehingga menyebabkan tubuh mudah merasa kelelahan. Jika kamu sering merasakan kecemasan, maka melakukan olahraga ringan secara rutin dapat membantu meningkatkan staminamu. Sekaligus menurunkan gejala kecemasan yang kamu rasakan.

Menurut penelitian, olahraga bisa membantu meringankan gejala depresi atau kecemasan, karena saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon neurotransmiter serotonin dan norepinefrin yang menimbulkan rasa bahagia dan bisa meningkatkan mood seharian.

Olahraga yang dilakukan tak harus berat, kamu cukup berjalan santai atau jogging selama 30 menit setiap hari.

3. Membaca buku dan mendengarkan musik favorit

Ketika kecemasan datang, pikiran kamu tentunya dipenuhi hal-hal negatif yang tak karuan dan juga tak beralasan, dan kamu harus bisa segera menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut agar rasa cemas bisa langsung pergi. Jika mengalami hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan membaca buku dan mendengarkan musik favoritmu.

Membaca buku dapat membawamu memasuki dunia baru dan keluar dari tekanan pikiran yang sedang kamu rasakan, sehingga akan membuatmu lebih santai. Menurut penelitian yang dilakukan oleh thecomixverse.com, dari berbagai kegiatan yang menenangkan, membaca buku dapat menurunkan tingkat stres sampai 67 persen.

Mendengarkan musik favorit juga bisa membantumu meredakan kecemasan, karena suara musik dipercaya bisa menenangkan pikiran dan membuat suasana hati menjadi lebih nyaman. Selain itu, kamu bisa ikut berdendang untuk melepaskan kejenuhan yang mungkin kamu rasakan.

4. Melakukan meditasi dan latihan pernapasan

Menurut penelitian, melakukan meditasi sederhana selama 10 menit setiap hari bisa menurunkan gejala-gejala gangguan kecemasan. Meditasi dipercaya sangat ampuh untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan fokus, apalagi jika dilakukan pada tempat yang sunyi sambil menghirup aromaterapi.

Selama meditasi, selain belajar mengontrol pikiran negatif, kamu juga bisa melakukan latihan pernapasan agar tubuh lebih rileks karena menghirup lebih banyak oksigen. Oksigen tambahan juga bisa memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik yang menimbulkan rasa tenang pada pikiran dan perasaan.

5. Berbagi cerita dengan keluarga atau sahabat

Ketika kamu mengalami kecemasan atau ketakutan akan suatu hal, lebih baik jika kamu menceritakan hal tersebut kepada orang terdekatmu seperti keluarga atau sahabat. Dengan berbagi cerita mengenai apa yang kamu cemaskan, beban pikiranmu akan terasa berkurang dan membuat perasaanmu menjadi lebih lega.

Berbagai masukan dan dukungan dari orang terdekatmu juga akan membuatmu berpikir positif, bahwa kamu tidak sendirian menghadapi segala masalah yang ada, dan bahwa masih banyak orang yang peduli dan sayang padamu.

Hal tersebut tentu akan lebih menguatkanmu untuk segera lepas dari rasa cemas ataupun takut yang sedang kamu alami.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3

Selain menyehatkan jantung dan bersifat antiinflamasi, Asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) omega-3 ternyata juga bermanfaat untuk meringankan masalah kesehatan mental seperti kecemasan berlebih dan badmood.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal JAMA Network Open, gangguan kecemasan akan berkurang secara signifikan pada mereka yang mendapatkan asupan omega-3. Hal tersebut dikarenakan omega-3 dapat mengontrol beberapa proses neurobiologis, seperti sistem neurotransmiter, neuroplastisitas, dan peradangan, sehingga bisa menurunkan ketegangan pikiran.

Asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) omega-3 sendiri banyak terdapat pada minyak ikan, ikan salmon dan kacang-kacangan. Jadi jika kamu sedang mengalami masalah kecemasan, rajin-rajin konsumsi makanan tersebut ya.

7. Minum teh kamomil

Kamomil mengandung zat yang berfungsi sebagai obat penenang alami yang dapat meredakan ketegangan otot, mengurangi kecemasan dan juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania Medical Center, di Philadelphia, penderita gangguan kecemasan yang rutin mengonsumsi teh kamomil mengalami penurunan gejala kecemasan secara signifikan.

Jadi minum teh kamomil sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang mengalami gejala kecemasan sehingga mengalami gangguan sulit tidur. Selepas beraktivitas seharian, kamu dapat menikmati secangkir teh kamomil hangat untuk membantumu lebih rileks dan juga mendapatkan tidur yang berkualitas.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan ketika gejala kecemasan berlebih datang. Namun selain itu, selalu berpikir positif dan bersemangat dalam menjalani hari-harimu menjadi kunci agar gangguan kecemasan dapat diatasi. Jangan lupa juga untuk mendekatkan diri pada Tuhan, karena itulah sebaik-baiknya ketenangan.